Senin, 04 Juni 2012

titrasi iodometri


TITRASI IODOMETRI
Tujuan :
             Menentukan kadar CuSO4 dalam sample
Titrasi iodometri adalah titrasi dengan I2 yang dihasilkan suatu reaksi dengan larutan Na2S2O3 ( Natrium Tiosulfat)

Reaksi :
                        Zat oksidator + KI + H+ → K+ + I2 + ……
                                    I2 + Na2S2O3 → 2NaI + Na2S4O6
Titrasi Iodometri dan Iodimetri berlangsung dalam suasana asam.
Indikator yang digunakan adalah : Amylum, CCl4 dan CHCl3.
Titik akhir titrasi Iodometri
1.      Warna biru hilang, jika digunakan amylum sebagai indikator.
2.      Warna ungu hilang, jika digunakan CCl4 atau CHCl3 sebagai indicator.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan titrasi Iodometri adalah sebagai berikut:
Penambahan amilum sebaiknya dilakukan saat menjelang akhir titrasi, dimana hal ini ditandai dengan warna larutan menjadi kuning muda (dari oranye sampai coklat  akibat terdapatnya I2 dalam jumlah banyak), alasannya kompleks amilum-I2 terdisosiasi sangat lambat akibatnya maka banyak I2 yang akan terabsorbsi oleh amilum jika amilum ditambahkan pada awal titrasi, alasan kedua adalah biasanya iodometri dilakukan pada media asam kuat sehingga akan menghindari terjadinya hidrolisis amilum
Titrasi harus dilakukan dengan cepat untuk meminimalisasi terjadinya oksidasi iodide oleh udara bebas. Pengocokan pada saat melakukan titrasi iodometri sangat diwajibkan untuk menghindari penumpukan tiosulfat pada area tertentu, penumpukkan konsentrasi tiosulfat dapat menyebabkan terjadinya dekomposisi tiosulfat untuk menghasilkan belerang. Terbentuknya reaksi ini dapat diamati dengan adanya belerang dan larutan menjadi bersifat koloid (tampak keruh oleh kehadiran S).
S2O32-  +  2H+  -> H2SO3 + S
Pastikan jumlah iodide yang ditambahkan adalah berlebih sehingga semua analit tereduksi dengan demikian titrasi akan menjadi akurat. Kelebihan iodide tidak akan mengganggu jalannya titrasi redoks akan tetapi jika titrasi tidak dilakukan dengan segera maka I- dapat teroksidasi oleh udara menjadi I2.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar