Senin, 04 Juni 2012

titrasi acidimetri-alkalimetri


TITRASI ACIDIMETRI-ALKALIMETRI
Acidimetric dalah titrasi dengan menggunakan larutan baku asam (sample basa),sedangkan titrasi alkalimetri dalah titrasi dengan menggunakan larutan baku basa (sample asam).
      


Asidi-alkalimetri adalah teknik analisis kimia berupa titrasi yang menyangkut asam dan basa atau sering juga disebut titrasi asam-basa.
Prinsip reaksi berdasarkan netralisasi asam basa.
Reaksi dijalankan dengan titrasi, yaitu suatu larutan ditambahkan dari buret sedikit demi sedikit sampai analit habis oleh titran dan terjadi titik ekivalen pada saat itu timbul perubahaan warna rose itu berarti titik akhir titrasi.
Pada saat ekivalen, penambahan titrant harus dihentikan, saat ini dinamakan titik akhir titrasi.Untuk mengetahui keadaan ekivalen dalam proses asidi-alkalimetri ini, diperlukan suatu zat yang dinamakan indikator asam-basa.
Indikator asam-basa adalah zat yang dapat berubah warna apabila pH lingkungannya berubah. Asidi-alkalimetri menyangkut reaksi antara asam kuat-basa kuat, asam kuat-basa lemah, asam lemah-basa kuat, asam kuat-garam dari asam lemah, dan basa kuat-garam dari basa lemah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar